Senin, 15 April 2013

My 2012

Haha well, judulnya agak drama ya… tapi biarlah, semua orang TAU gue paling parah kalo urusan ngasih judul. Yang nggak tau akan hal itu berarti belum mengenal gue. Hmm…

Di postingan ini gue nggak mau sok-sok bikin puisi romantis yang jatohnya malah lebay. Gue cuma mau cerita sedikit tentang suka duka gue di tahun 2012. Kenapa sedikit?? Ya sesuai sama kapasitas otak gue yang emang nggak bisa menyimpan banyak hal.

Flashback kayak gini mungkin akan jauh lebih afdol kalo dilakuin pas last day of the year ya, tapi berhubung 31 desember 2012 kemarin gue sakit dan seharian tergelepak di kasur dengan kepala serasa abis dilemparin puluhan barbelnya Agung Hercules, jadilah baru sempet ngeflashback tadi subuh ditemani Januarinya Glenn Fredly.

2012 itu…. emm dengan elegan gue bakal mengutip jargonnya Syahrini, 2012 itu sesuatu guys, amat sangat cetar membahana. Salah satu tahun terbaik yang gue lalui selama belasan tahun hidup di dunia yang penuh sandiwara ini. Ada manis, asem, asin, pahit sampe hot… lengkap banget pokoknya.

Gue masih sangat ingat, awal tahun lalu ditanya sama temen, “Apa resolusi tahun 2012 kamu?”

Dan dengan memasang raut wajah yang sangat bijak, gue menjawab, “Cuma berharap semua bisa lebih baik dari tahun lalu aja, sisanya biar tangan Allah yang mengaturnya buat gue.”

H4h4h4… jawaban klise. Bilang aja nggak punya proposal hidup, bilang aja nggak tau harus apa dan gimana ke depannya, makanya nggak punya resolusi tahun baru.

Lepas dari punya resolusi ataupun nggak, toh gue tetep harus jalanin hari demi hari yang baru di tahun 2012. Awal-awal tahun, gue disibukkan (yang ini beneran sibuk bukan sok sibuk kayak biasanya) dengan prepare Ujian Nasional. Saat itu yang ada di otak gue cuma belajar-belajar-belajar-belajar dan Rio *tetep*. Haaah you know? rasanya setelah Ujian Nasional gue berencana nggak bakal baca buku lagi selama beberapa tahun ke depan. Asli, udah muak banget. Persiapan Ujian Nasional bagi gue itu ibarat lo terus-terusan disuapin padahal udah kekenyangan dan biar nggak dimuntahin bibir lo dilem pake powerglue. Sakit bro, sist, sakiiiit banget, dan yang lebih menyakitkan segenap perasaan adalah saat itu gue yang emang lagi seneng-senengnya nulis terpaksa harus vakum demi focus UN dan SNMPTN. Alhasil, sekarang walaupun kecintaan gue pada dunia tulis-menulis lebih besar dari pada rasa suka gue sama buah apel *apainiiiiiiiii* tetep aja gue kehilangan feelnya. Kemampuan menulis gue entah nyelip di bagian otak yang mana. Dan gue sedih. Sedih benget. Jadi gue mohon, untuk beberapa oknum yang sering nodong Rahasia Orion atau cerpen-cerpen baru, pahamilah gue *assiikk*. Kalian semua nggak tau kan itu bikin sedih, kadang bikin pengen nangis dan lari dari kenyataan hidup --".

Ok back to the story, setelah persiapan yang menguras semua yang gue punya, Ujian Nasional pun datang *jengjengjeeeng*. Gue nggak takut, gue nggak gugup, gue udah merasa siap, walaupun UN pertama bahasa Indonesia dan gue nggak belajar *janganditiruAdik-adik*, overall gue udah yakin banget, tapi anehnya gue nangis di hari pertama Ujian Nasional. Gue nangis, memalukan, sebagai anak gaul yang strong gue merasa gagal. Kenapa nangis? Ya….. pengen aja sih. Masalah?

Habis UN, nggak inget hari apa tepatnya (kayak yang gue bilang tadi kapasitas otak gue buat mengingat sangat minim), tiba waktunya pengumuman kelulusan dan…… gue lulus. Lulus.

Nilai-nilai hasil UN juga memuaskan. Mata pelajaran bahasa Indonesia dan biologi sesuai target diatas 9 (Alhamdulillah akhirnya gue bisa meyakinkan diri gue sendiri kalo otak gue masih berjalan dengan baik), dan nilai MTK…. aaaaa….. tolong tampar gue! Tampar! Nilai MTK bener-bener diluar ekspektasi, 9,25, aaaaa inilah saat yang paling tepat buat gue bilang WOW, senengnya kayak abis ketemu Daniel Radcliffe. Yang baca postingan ini boleh tepuk tangan. Ayo cepet tepuk tangan!! *nodonginpiso*. Walaupun gue sampai detik ini masih penasaran, nilai segitu gue dapet entah karena hasil belajar atau jawaban yang gue buletin sambil merem itu bener semua. Hanya Allah SWT yang tau.

Dan kasih sayang Allah buat gue nggak cuma sampe situ, Dia kasih gue kejutan lain, lulus SNMPTN Undangan. Asik kan, asik banget lah bro, sist, masuk PTN tanpa test pula. Waktu itu dengan caps menyala-nyala temen yang gue mintain tolong buat check hasil SNMPTN Undangan gue, nge-sms

NOVIAAAA… LOLOOOOOS. DUH ENVY, ENVY…. CIYEE ANAK UPI DONG SEKARANG.

Kurang lebih gitu smsnya, kalo kurang ya gue lebih-lebihin sendiri.

Sebenernya sih, gue agak kecewa sama jurusannya, pengennya sih pendidikan Biologi UPI atau Teknik Pangan UNS, tapi ya gue sadar kok hidup itu nggak seindah mata gue *plototinyangprotes* dan nggak semua bisa sesuai sama harapan. Next, karena udah masuk PTN nih ya, jadilah kerjaan gue dirumah cuma 3, pertama nonton dvd korea,kedua nonton TV, ketiga nontonin layar HP. Kurang sibuk apa gue?

Tapi karena bosen, entah dengan tekat apa nekat, gue bilang sama Mamah, gue pengen kerja sambil nunggu masuk kuliah yang masih sekitar 2 bulanan lagi. Setelah interview, besoknya gue langsung bisa masuk. Jadi di tahun 2012, gue sempet juga tu ngerasain capeknya kerja. Nah yang suka ngatain gue kayak anak kecil, manja, gue tanya lo udah pernah cari duit sendiri belum?

Gue bangga pernah ngasih sesuatu buat keluarga dari uang yang bener-bener hasil jerih payah gue sendiri *lapkeringet*. Gue bangga pernah kerja, dibanding anak-anak lain yang habis lulus malah gentayangan nggak jelas sama temen-temen, ngabisin duit apalagi sama anak-anak lulusan SMA yang kerjaannya ngebangke di rumah, paling nggak waktu gue lebih bermanfaat. Selain materi, gue juga dapet temen, pengalaman dan ilmu baru. Dan ketika ada yang bilang kerja itu nggak gampang, cari uang tu susah, yap gue udah pernah rasain itu.

Di tahun 2012 ini juga pertama kali gue ngalamin di OSPEK, salah satu pengalaman yang nggak akan pernah gue lupain. OSPEK itu seru, seru bangeettt, kakak-kakak panitianya juga baik dan manis-manis (maafin aku ya Allah, aku bohong :( ), yang paling sweet ngalahin film Titanic adalah pas OSPEK karena rumah gue jauh dari kampus tercinta, gue mesti nyubuh dan temen-temen mau nunggu gue yang super lelet ini padahal kalo telat hukumannya ceribel (baca:istimewa) banget lah. Saat gue mulai pakai jas almamater UPI, saat itu juga gue kayak ditampar sama Pretty Asmara, gue baru sadar kalo IYA-SEKARANG-GUE-MAHASISWA. Putih Abu-abu gue udah selesai. Masa-masa sama IPA 6 udah abis. Sekarang kita harus berjuang sendiri-sendiri. Pilih setapak masing-masing *tissumanatissuu*. Nggak ada lagi teriak-teriak nagihin uang kas, nggak ada lagi smsan pas UAS, nggak ada lagi ngeceng-cengin adik kelas ganteng. Pisah sama temen-temen lama dan ketemu sama orang-orang baru. Lama ataupun baru, sama aja, mereka semua baik dan gue sayang mereka.

Kalo tahun sebelumnya pas ulang tahun gue masih sama-sama anak-anak IPA 6 dan sepatu gue diumpetin, tahun ini gue rayain bareng kelas baru gue, kelas kesayangan gue, satu B. makasih banyak kuenya, makasih tepungnya, dan buat kakak makasih banyak ucapannya (walaupun nggak tau ya itu ngucapin karena emang ikhlas apa karena disuruh aja) hahaha. Unforgettable pokoknya.

Menurut gue secara keseluruhan 2012 gue banyak banget manisnya. Gue bersyukur, sekaligus takut. Takut kalo yang manis-manis itu bikin gue makin manja dan nggak dewasa. Gue takut nggak siap menghadapi 2013 yang entah kayak apa nantinya. Tapi gue harus berani. Gue punya Ayah sama Mamah terbaik sedunia, gue punya Adik-adik yang lucu, gue punya temen-temen yang luar biasa dan gue punya Allah yang nggak akan pernah biarin gue melangkah sendirian.

Thankfulll to God, untuk 2012 yang sangat mengagumkan. Terimakasih untuk setiap kemudahan yang diberikan. Terimakasih untuk setiap doa yang terkabul di tahun ini. Akhirnya, tahun 2012 kemarin gue tutup dengan…..bobo cantik nan elegan seharian. Anti klimaks abis.

Untuk 2013, semoga segalanya akan jadi lebih baik, semoga mimpi yang belum jadi nyata di tahun lalu, bisa gue capai di tahun ini. Semoga selalu diberi kesehatan dan keberkahan. Semoga masih diberi kesempatan bertemu dengan 1 januari 2014 bersama anggota keluarga yang lengkap, teman-teman yang semakin banyak dan seseorang yang gue sayang karena Allah.

So many people said this 2013, wouldn’t be nice ‘cause that’s a bad number. HA-HA. c’mon don’t be stupid people guys. Let’s create the best destination for us to guess the best destination from God. Bad or Nice? Isn’t about a number.



best regard

via

0 komentar:

Posting Komentar